Ciri-Ciri Wanita Sholehah. Lelaki Muslim Harus Tahu

Diposting pada

Apakah arti nama Soleha dalam islam? Nama Soleha ialah nama bagus dan memanjakan mata untuk anak bayi wanita islam. Selainnya termasuk dalam nama bayi islam dari asal bahasa Islami, unik nya kata ini ada di makna dan tujuan nama Soleha yang bermakna (1) Kalayakan (2) Kelebihan. Kita juga bisa maknai makna Kalayakan, dan Kelebihan sebagai doa supaya calon bayi wanita kita Jadi anak wanita yang spesial,baik dan ramah. Berikut kami akan memberinya beberapa ciri wanita yang dapat disebutkan sholehah :

  1. Wanita yang Memiliki iman

Sama seperti yang telah disebut sebelumnya, jika wanita dinikahi karena agamanya. Nach, wanita sholehah ialah wanita yang memiliki iman dan memeluk agama islam. Tujuan dari wanita memiliki iman ialah wanita yang patuh pada perintah Allah dan nasihat Nabi Muhammad. Menjalankan rukun Iman, rukun islam dan rukun ihsan.

  1. Wanita yang Selalu Jaga Sholat

Sebagai wanita yang memiliki iman, automatis jalankan perintah Allah dan tinggalkan larangan-Nya. Dan sebagai perintah Allah ialah jalankan rukun iman, rukun islam dan rukun ihsan. Dalam salah satunya rukun islam ialah jalankan sholat harus. Nach, beberapa ciri wanita sholehah ialah wanita yang jaga sholatnya.

Dalam pengertian seorang wanita kerjakan sholat 5 waktu atau jaga sholat harus yakni kerjakan sholat on time, khusuk dan jika dapat berjemaah semakin lebih diprioritaskan dan jaga wudhunya. Karena sholat ialah tiangnya agama yang harus dilaksankan untuk kaum muslim yang telah penuhi persyaratan harus sholat. Ini supaya selalu mendapatkan ridha dan syafaat dari Allah.

  1. Wanita yang Memahami Mengenai Tuntunan Islam

Menjadi wanita sholehah ialah wanita yang betul-betul pahami tuntunan islam. Pahami rukun iman, rukun islam dan rukun ihsan. Memahami mengenai beberapa aturan dan larangan-larangan dalam agama islam. Bisa membaca dan pahami isi pada ayat-ayat Al Quran yangkemudian mempraktikkannya di kehidupan setiap hari.

  1. Wanita yang Pintar Mengaji

Wanita sholehah ialah wanita yang dapat membaca Al Quran sekalian dapat pahami arti yang terdapat didalamnya. Karena itu untuk wanita harus juga belajar mengaji semenjak umur dini, karena nantinya wanitalah yang hendak jadi pengasuh anak-anaknya.

Banyak kemuliaan untuk wanita yang pintar mengaji ayat-ayat al Quran. Khususnya untuk wanita yang hamil atau yang ingin cepat hamil benar-benar dianjurkan untuk membaca ayat-ayat Al Quran. Ini karena bayi yang dikandungnya dapat turut dengarkan dan rasakan batin ibunya dan nantinya dapat lahir jadi generari yang pintar dan bermoral mulia.

  1. Wanita yang Tidak Berkhalwat

Wanita sholehah ialah wanita yang tidak keluar dari rumah atau melancong jauh tanpa mahram. Wanita sholehah pun tidak sukai berkhalwat (berduaaan) dengan lelaki yang lain bukan terhitung mahramnya. Rasulullah menerangkan dalam sebuah hadits yang pengertiannya “Tidaklah orang wanita berkhalwat dengan laki-laki lain, karena setan akan jadi pihak ketiga dari mereka”. (Riwayat Ahmad).

  1. Wanita yang Taat Ke Suami

Sebagai wanita sholehah harus hukumnya untuk taat dan patuh ke suami. Apa lagi bila suaminya ajak ke jalan kebaikan. Jalan yang diperintah oleh Allah dan tindakan yang dilarang oleh-Nya. Jalankan kewajibannya sebagai seorang istri sholehah dan memiara diri saat suaminya tidak ada.

  1. Wanita yang Tidak Seperti Laki-Laki

Wanita sholehah ialah wanita yang tidak kenakan pakaian dan berhias serupa lelaki. Dalam masalah ini, Rasulullah bersabda, “Allah melaknat lelaki yang seperti wanita atau wanita-wanita yang seperti lelaki”. Wanita sholehah bukan wanita yang langkah berhiasnya atau langkah berpakaiannya tidak seperti dengan wanita-wanita kafir.

 

  1. Wanita yang Pintar Jaga Bersilahturahmi

Bersilahturahmi ialah tindakan yang paling disarankan oleh rasulullah dan penting dilapisan wanita.

Wanita sholehah harus jaga sillaturahminnya dengan sama-sama wanita muslim. Tetapi bila sillaturahminya jauh disarankan untuk didampingi oleh mahramnya, apa lagi sillaturahminya ke arah tempat lelaki yang bukan mahram. Wanita sholehah disarankan untuk selalu di jalan Allah dengan sama-sama bertandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *