Sumpah Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam: Harta seorang hamba tidaklah berkurang disebabkan sedekah

Jika merujuk pada nalar ekonomi yang dewasa ini lazim diikuti, berbagi rizki kepada orang lain tentu akan berakibat pada berkurangnya harta yang dimiliki seseorang. Karena itu tak mengherankan apabila banyak diantara mereka yang berkecukupan maupun yang masih pas-pasan seringkali terjangkit sifat pelit.

Bahkan, sifat pelit ini tak jarang berujung menjadi tabiat yang lebih buruk lagi, yaitu gemar meminta-minta. Menururt hitungan di atas kertas, tentu saja orang yang meminta akan memperoleh apa yang dimintanya, sehingga apa yang dimilikinya menjadi bertambah.

Namun pada faktanya tidaklah demikian. Mereka yang gemar meminta-minta tidaklah serta merta beres problem rizkinya. Malahan, yang kerapkali terjadi, justru membuat yang bersangkutan kian pesimis dan terombang-ambing dalam ketidakmenentuan penghasilan.

Bagi yang beriman, melakukan sedekah bukanlah suatu hal yang mencemaskan. Sebaliknya, justru menjadi sarana bagi terbukanya pintu rizki lain melalui jalur yang tak terduga. Dengan konsekuensi, bahwa seseorang telah mengerjakan segala sebab yang diperintahkan Allah, dan meninggalkan perkara yang haram.

Dalam surah Saba ayat 39 Allah subhanahu wata’ala berfirman:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang terbaik.
.
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi , Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam bahkan bersumpah atas tiga perkara, yang salah satunya meneguhkan bahwa sedekah tidaklah akan mengurangi harta seorang hamba.

ثَلاَثَةٌ أُقْسِمُ عَلَيْهِنَّ ، وَأُحَدِّثُكُمْ حَدِيثًا فَاحْفَظُوهُ ، قَالَ : مَا نَقَصَ مَالُ عَبْدٍ مِنْ صَدَقَةٍ ، وَلاَ ظُلِمَ عَبْدٌ مَظْلِمَةً ، فَصَبَرَ عَلَيْهَا ، إِلاَّ زَادَهُ اللهُ عِزًّا ، وَلاَ فَتَحَ عَبْدٌ بَابَ مَسْأَلَةٍ ، إِلاَّ فَتَحَ اللهُ عَلَيْهِ بَابَ فَقْرٍ

“Ada tiga perkara yang aku bersumpah atasnya, dan aku akan menceritakan kepada kalian suatu perkataan, maka hafalkanlah. Beliau bersabda: “Harta seorang hamba tidaklah berkurang disebabkan sedekah, dan tidaklah seorang hamba terzholimi dengan suatu kezholiman lalu ia bersabar dalam menghadapinya melainkan Allah menambahkan kemuliaan kepadanya, dan tidaklah seorang hamba membuka pintu utk meminta-minta (kepada orang lain, pent) melainkan Allah akan bukakan baginya pintu kefakiran.

Semoga bisa menjadi pembelajaran kita bersama. Dan semoga Allah subhanahu wata’ala kian memantapkan iman dalam diri kita dan memberikan kekuatan untuk menempuh jalan taqwa. Wallahu’alam bisshawab. Allah-lah yang mengetahui yang hakiki.
(–Abu Alif Alfatih)
.

Related Posts

About The Author

Add Comment