Jejak Kejayaan Islam di Cordoba

Oasemuslim | Sebelum Spanyol ditaklukkan oleh tentara Islam 711 M, Cordoba merupakan ibukota kerajaan Kristen Visigoth sebelum dipindahkan ke Toledo. Cordoba adalah kota yang makmur, namun mengalami kemerosotan saat pemerintahan Visigoth.

Kemakmuran Cordoba bangkit kembali pada masa dibawah kekhalifahan Islam. Tahun 756 M, kota ini menjadi ibu kota dan pusat pemerintahan bani Umayyah di Spanyol setelah Bani Umayyah di Damaskus jatuh ke tangan Bani Abbas tahun 750 M. Penguasa Bani Umayyah Spanyol adalah Abd Ar-Rahman Ad-Dakhil. Kekuasaan Bani Umayyah di Andalus ini berlangsung dari tahun 756 – 1031 M.

Sebagai ibu kota pemerintahan, Cordoba pada masa Bani Umayyah mengalami perkembangan pesat. Banyak bangunan baru yang didirikan, seperti istana dan masjid-masjid. Kota ini juga diperluas dengan membangun sebuah jembatan berarsitektur Islam dalam gaya Romawi.

Perkembangan kota ini mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Abd Ar-Rahman An-Nashir di pertengahan abad ke-10 M.

Pada masa Islam tersebut, Cordoba terkenal juga sebagai pusat kerajinan barang-barang dari perak dan sulaman-sulaman dari sutra dan kulit.

namun pada tahun 1236 M, Cordoba direbut oleh tentara Kristen yang dipimpin Ferdinand III dari Castilla. Pasca itu, supremasi di Spanyol mengalami kemunduran.

Pada masa pemerintahan Bani Umayyah di Spanyol, Cordoba menjadi pusat ilmu pengetahuan. Di kota ini berdiri perpustakaan besar yang memiliki koleksi sekitar 400 ribu judul buku. Hal tersebut tak terlepas dari upaya Abd Ar-Rahman An-Nashir dan anaknya Al-Ahkam.

Zaman emas kesusasteraan dan ilmu di Spanyol terjadi ketika daerah ini berada di bawah pemerintahan Hakam Al-Mustansir Billah yang meninggal tahun 976 M. Pada masa jayanya, Cordoba memiliki 491 masjid dan 900 pemandian umum. Karena air di kota ini tidak bisa diminum, pemerintaha muslim mendirikan saluran air dari pegunungan yang panjangnya 80 km.

Cordoba pada masa jayanya banyak menginspirasi penulis barat yang digambarkan oleh ahli sejarah ataupun politik sebagai cikal bakal pembawa kemajuan bagi bangsa barat masa sekarang.

sumber: The Amazing Islamic Legazy


 

Related Posts

About The Author

Add Comment