Inilah masjid-masjid indah yang berwarna pink

Masjid Putra, Malaysia, sumber www.flickr.com

INILAH tiga masjid indah yang secara dominan menggunakan warna pink atau merah muda. Karena warnanya berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya, maka masjid-masjid inipun tak ayal menjadi pusat perhatian banyak orang. Yang menjadi perhatian bukan semata warnanya saja, namun juga kemegahan seni arsitekturnya. Di mana saja masjid pink ini berada?

1. Masjid Putra, Malaysia

Masjid ini merupakan masjid utama Putrajaya, Malaysia. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1997 dan selesai dua tahun setelahnya. Letaknya di sebelah rumah kantor Perdana Menteri dan sebuah danau buatan yang memantulkan bayangan masjid pada airnya. Masjid yang sangat indah, lebih-lebih saat senja tiba, ketika lampu-lampunya dinyalakan, maka terpantul bias-bias cahaya aneka warna yang memantul pada permukaan air danau.

Masjid yang dibangun dengan granit berwarna merah mawar ini dapat menampung sekitar 15.000 jamaah pada satu waktu. Terdiri dari 4 lantai yang dilengkapi dengan lift sebagai sarana untuk mengangkut jamaah ke lantai yang diinginkan. Selain warna bangunannya yang berbeda dari kebanyakan masjid pada umumnya, masjid ini memiliki arsitektur unik terutama pada bagian kubah yang dihiasi kaligrafi sehingga membuat takjub mereka yang memandangnya.

Masjid ini menempati lahan seluas 1,37 hektar. Karena keunikannya ini, selain digunakan masyarakat untuk kegiatan ibadah, masjid ini juga sering dijadikan tujuan kunjungan wisata. Siapa saja diperbolehkan masuk dan melihat keindahan masjid ini dengan syarat berpakaian sopan. Di dekat pintu masuk disediakan tempat peminjaman jubah bagi wisatawan yang belum memakai pakaian tertutup.

iwandered.net...

Masjid Dimaukom, Filipina, sumber iwandered.net

3. Masjid Dimaukom, Filipina

Masjid berwarna pink yang lain berada di Filipina. Nama masjid ini adalah Masjid Dimaukom, terletak di Kota Datu Saudi Ampatuan, Mindanao. Sedikit berbeda dengan Masjid Pink yang ada di Malaysia, warna pink masjid di Filipina ini lebih mencolok sehingga menjadi pusat perhatian orang-orang yang lewat di sekitarnya.

Masjid ini dibangun oleh Walikota Datu Saudi Ampatuan yang bernama Samsodin Dimaukon. Pengerjaan masjid ini berlangsung selama kurang lebih dua tahun sebelum akhirnya dibuka untuk umum, yaitu pada tahun 2013, bertepatan dengan bulan puasa.

Ada cerita menarik sehubungan dengan warna pink yang dipilih sebagai warna masjid ini. Pertimbangannya, selain sebagai warna favorit dari sang Walikota, warna merah muda dianggap melambangkan perdamaian dan harmoni antar umat beragama di Filipina.

kickassthings.com...nasir

Masjid Nasir , sumber kickassthings.com

3. Masjid Nasir Al Mulk, Iran

Sebuah masjid yang dibangun di dataran Shiraz Iran ini menjadi buah bibir karena keindahan arsitekturnya. Dibangun pada  tahun 1888, dan sejak tahun tersebut masjid ini menjadi kebanggaan Iran sehingga menjadi masjid yang cukup terkenal di negara tersebut.

Daya tarik utama dari sebuah masjid adalah seni arsitekturnya. Hiasan interior yang penuh dengan ornament serta mozaik dengan sentuhan cita rasa seni yang tinggi, yang notabene didominasi warna pink, membuat masjid ini terlihat anggun namun tetap elegan.

imgur.com

Indahnya ornamen pada masjid Nasir AlMulk, sumber imgur.com

Jika dilihat dari luar masjid ini nampak klasik dan sederhana,  namun bagian dalamnya demikian mewah dan megah. Ruangan dalam masjid berisi banyak jendela patri berwarna-warni dikombinasi pernak-pernik mozaik yang menyemburatkan spektra warna ketika tertimpa sorotan cahaya matahari.

Suasana religius dan agung langsung terasa ketika memasuki ruang utama masjid yang digunakan sebagai tempat ibadah.@

 

 

 

 

Related Posts

About The Author

Add Comment