Apa sebenarnya perbedaan Sunni dan Syiah?

Syi’ah sudah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka, hanya saja mereka merupakan kelompok minoritas, sehingga kita tidak banyak tahu tentang aliran Syi’ah ini.  Selama ini tidak pernah ada masalah antara Islam Ahlus Sunnah (Sunni) dan Syi’ah di Indonesia karena sebagian besar umat Islam di Indonesia menganggap Ahlus Sunnah dan Syi’ah itu sama.

Banyak orang menyangka bahwa perbedaan antara Islam Ahlus Sunnah dengan Syiah hanya sekedar dalam masalah khilafiyah Furu’iyah saja, seperti halnya perbedaan antara NU dengan Muhammadiyah, atau  antara Madzhab Syafi’i dengan Madzhab Maliki.

Faktanya tidaklah demikian, karena perbedaan yang ada demikian kontrasnya. Sebagian ulama-ulama Ahlus Sunnah bahkan banyak yang mengatakan bahwa Syiah adalah satu agama tersendiri yang berbeda dengan Islam.

Untuk mengetahui apa sebenarnya perbedaan Syiah dengan Ahlus Sunnah, berikut ini kami ringkaskan pokok-pokok perbedaannya dari buku Panduan MUI: Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia. Bagi yang berkenan, silakan untuk membagikan informasi ini kepada yang lain.

syiahfix

Related Posts

About The Author

Add Comment