Adel Al-Jubeir: Saya berharap para pemimpin Iran lebih bersikap bijaksana

NEW YORK, oasemuslim.com: Sebagaimana diberitakan Arabnews, Kerajaan Arab Saudi menjawab kritikan Iran mengenai penanganan ibadah haji terkait insiden Mina yang menelan korban lebih kurang 769 orang.

“Saya percaya Iran pasti bisa bersikap lebih baik dari sekedar mempolitisir musibah Mina yang menimpa jamaah haji yang sedang menunaikan tugas suci agama,” kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir.

Al-Jubeir memberikan pernyataan tersebut saat bersama Menteri Luar Negeri AS John Kerry. Ia menegaskan bahwa Arab Saudi sedang menangani situasi yang terjadi.

Al-Jubeir juga mengatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah memiliki sejarah panjang mengerahkan sumber daya yang dimiliki dalam mengorganisir jamah haji agar dapat berjalan dengan baik.

english.alarabiya.net.“Kami akan memberikan laporan apabila fakta-fakta sudah terungkap jelas. Kami tak akan menahannya. Jika memang ada yang berbuat kesalahan, tentu saja harus bertanggung jawab,” kata Al-Jubeir.

“Dan kami akan memastikan bahwa kami akan belajar dari peristiwa ini supaya hal itu tidak terjadi lagi,” imbuhnya .

Ia menekankan kembali, agar Iran tidak menjadikan musibah tersebut sebagai arena berpolitik.

“Saya ingin mengulangi lagi, ini bukan situasi yang patut digunakan untuk bermain politik. Saya berharap para pemimpin Iran lebih bersikap bijaksana dan masuk akal terkait dengan musibah yang terjadi serta menunggu sampai kami melihat hasil penyelidikan,” tandasnya. (A-3)

Related Posts

About The Author

Add Comment